Digital Marketing


Menurut (Gary, Wong, Philip Kotler, & John Saunders, 2008) pemasaran adalah mengelola hubungan pelanggan dengan menguntungkan. Digital mareting adalah upaya pemasaran melalui internet dengan berbagai macam strategi dan media digital. Mengingat penggunaan internet diIndonesia sangat besar, hal ini sangat wajar karena semua sektor sudah menggunakan internet, termasuk sektor bisnis yang melakukan perubahan dalam segi pemasaran dengan mengikuti perkembangan zaman. Pada zaman dulu pemasaran dilakukan melalui koran dan spanduk, kini pemasaran dilakukan melalui internet (internet marketing strategist ) dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), social media marketing dan media digital ( digital marketing ) memanfaatkan ebook, koran digital, endorse influencer, dll. Kedua hal tersebut pada dasarnya sama-sama untuk memasarkan produknya, tetapi tujuannya sedikit berbeda. Tujuan internet marketing yaitu meningkatkan penjualan dan mempengaruhi konsumen, sedangkan digital marketing bertujuan menjangkau konsumen secara cepat, tepat, dan pribadi.

Secara umum digital marketing terbagi menjadi dua macam, yaitu push digital marketing. Jenis digital marketing ini mengacu pada upaya mempromosikan produk tanpa persetujuan awal dari konsumen. Kelebihan push digital marketing adalah mempunyai data informasi yang lengkap, sasaran konsumen tepat, berlangsung secara konsisten. Ada pula kekurangannya adalah biaya yang cukup tinggi, target konsumen tidak terlalu besar, serta sulit mendapatkan konsumen.

Selanjutnya pull digital marketing. Jenis ini mengacu pada keaktifan konsumen dalam mencari informasi produk yang diinginkan. Kelebihan pull digital marketing adalah ukuran konten yang tidak terbatas dan fleksibilitas dalam menyimpan serta menampilkan konten. Sedangkan kekurangannya adalah tingkat kesulitan yang cukup besar agar konsumen menemukan konten pemasaran yang dibuat.

Kebutuhan digital marketing sangat penting bagi wirausahawan muda, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi diera disrupsi menjadi hal yang wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi pamasaran atau promosi di dunia kewirausahaan. Pandemi covid semakin membuktikan pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan yang dimana kita dibatasi untuk berkegiatan diluar rumah. Ketika orang tidak dapat mengakses secara konvensional beberapa media promosi / pemasaran, maka media digital merupakan solusi utama dalam masa pandemi covid ini, sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap melakukan promosi atau pemasaran melalui media digital. Adapun manfaat menggunakan digital marketing, yaitu :

a.    Terhubung ke konsumen lebih mudah. Kemudahan berkomunikasi akan menjalin hubungan yang baik terhadap konsumen. Konsumen akan merasa senang jika dilayani dengan baik dan cepat.

b.  Memperluas pangsa pasar. Dengan memperluas pangsa pasar akan menghasilkan konsumen baru tiap saatnya. Tetapi hal ini harus disertai dengan cara pemasaran yang dapat menarik perhatian konsumen, karena percuma saja kalau konten yang dibuat membosankan.

c.   Semakin kompetitif di era digital. Menggunakan digital marketing akan dipandang dapat berdaya saing menghadapi era digital dan dapat meningkatkan citra perusahaan, atau bisa menjadi kunci keberhasilan.

    Bicara digital marketing, bagian pentingnya adalah bagaimana cara merancang strategi agar usaha kita berkembang, mampu berdaya saing, produk dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu konsep strategi yang dikenal adalah konsep sostac ( situation analysis, objectives, strategy, tactics, actions, control ) yang merupakan karya dari PR Smith.

Pertama, situation analysis. Menjelaskan tentang situasi kita seperti apa. Situasi yang dianalisis harus menggambarkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap usaha, baik internal maupun eksternal. Dalam hal ini kita melakukan pengecekan apa yang akan kita laukan, siapa diri kita, dengan siapa kita berinteraksi serta melakukan transaksi secara online. Metode situation analysis agar mecapai hasil yang maksimal dilakukan dengan cara :

a.    Goal performance, dapat dilakukan dengan 5s, yaitu :

Sell : mencatat tingkat penjualan kita seperti apa

Servw : cara memberi layanan kepada konsumen

Speak : bagaimana kita mampu mengkomunikasikan produk kepada konsumen

Save : menentukan seberapa efisien dalam hal biaya promosi atau pemasaran

Sizzle : bagaimana kita melakukan extension terhadap produk yang kita punya

b.    Customer insight : mengamati penilaian konsumen terhadap produk kita, bagaimana mereka melakukan interaksi dengan merek, platform apa yang digunakan, dll.

c. Analisis swot (strengths, weaknesses, opportunities, and threats). Apa saja kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang dihadapi oleh bisnis yang dijalankan.

Kedua, objectives. Fokus terhadap tujuan-tujuan yang ingin dicapai melalui strategi digital marketing yang akan kita rancang.

Ketiga, strategi. Strategi adalah cara untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Dalam menyusun strategi, segmen konsumen yang dituju dan dilayani harus tertera di dalam rencana.

Keempat, tactics. Tactics adalah turunan mendetail dari strategi. Tactics mencakup alat-alat yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing.

Kelima, actions. Actions adalah mewujudkan rencana menjadi kenyataan. Dalam tahap ini mencakup hal apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan taktik.

Keenam, control. Control yaitu memonitor dan mengukur performa berbasis tujuan yang ditetapkan pada tahap objectives. Perhatkan taktik-taktik yang sudah ditetapkan dan mengontrol taktik yang sedang dilakukan. Hal ini juga dapat disebut key performance indicator (kpi). Untuk menjamin pelaksanaan kpi sesuai dengan alurnya sekaligus tetap menuju tujuan, lakukan evaluasi mingguan atau bulanan. Ingat juga untuk selalu berkomunikasi dengan tim-tim terkait sehubungan dengan pelaksanaan sostac.

    Untuk mendukung digital marketing, lahirlah pekerjaan-pekerjaan baru, diantaranya :

a.    Pemasar Media Sosial (Social Media Marketer). Lingkup pekerjaan ini mencakup membuat konten media sosial, berinteraksi dengan konsumen, serta menyusun naskah pemasaran.

b.   Spesialis Iklan Berbayar (Paid Ads Specialist). Lingkup pekerjaan ini adalah menghitung biaya per click, membuat laporan performa iklan, serta penyusunan target iklan.

c.    Penulis Konten (Content Writer). Pekerjaan ini bertanggung jawab atas tulisan yang dibuat pada platform pemasaran.

d.   Spesialis Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization/SEO Specialist). Tugas pekerjaan ini adalah memastikan aksesibilitas sebuah website terhadap keyword yang dignakan konsumen melakukan pencarian di mesin pencari.

Banyaknya perusahaan yang menggunakan digital marketing dikarenakan memiliki kelebihan tersediri bagi penggunanya, yaitu :

a.    Kecepatan penyebaran

Kecepatan media digital tidak perlu diragukan lagi, media tersebut dapat melakukan dalam hitungan detik.

b.    Jangkauan lebih luas

Dengan memanfaatkan internet, anda dapat menyebarkan produk ke seluruh dunia agar dikenal oleh masyarakat luas, baik masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

c.    Kemudahan evaluasi

Menggunakan media digital dapat langsung mengetahui hasil pemasaran yang dilakukan. Informasi tentang jumlah orang yang melihat produk, tingkat penjualan, dll. Setelah mengetahui informasi tersebut dapat dilakukan evaluasi, mana iklan yang menguntungkan atau iklan yang merugikan.

d. Membantu para pengusaha mikro untuk mampu bersaing dengan perusahaan makro.

e. Mempersiapkan para pemula terhadap era internet of things dimana semua hal atau apapun yang diinginkan bisa diperoleh melalui internet.

f. Biaya digital marketing jauh lebih hemat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YUHUUU ADA OOTD REMAJA KEKINIAN UNTUK LEBARAN 2021

6 BAHAN PASHMINA YANG SERING DIPAKAI REMAJA ZAMAN SEKARANG!!!!